KSPI: Upah Buruh Freeport Indonesia Termurah

Sumber: MetroTVNews

Metrotvnews.com, Jakarta: Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) terus mengampanyekan perlawanan atas upah pekerja tambang PT Freeport Indonesia yang disebut-sebut paling murah dibandingkan anak usaha Freeport di negara lain.

Padahal, PT Freeport Indonesia yang berlokasi di Mimika, Papua, tercatat sebagai penyumbang 30 persen keuntungan induk perusahaan Freeport McMoran Copper and Gold Inc.

“Kami (KSPI) akan melakukan kampanye perlawanan di seluruh dunia,” kata Presiden KSPI Said Iqbal saat ditemui seusai diskusi 15 Tahun Reformasi Untuk Siapa? di kantor KontraS, Jakarta, Senin (20/5). 

Menurut Iqbal, sebagai penyumbang 30 persen keuntungan, upah pekerja tambang Freeport di Mimika dinilai tidak layak. Upah pekerja tambang Freeport di Cile sebesar Rp19 juta per bulan. Tapi, pekerja Freeport di Mimika hanya dihargai sekitar Rp3 juta per bulan.

“Upahnya paling rendah di seluruh dunia,” lanjutnya. Kondisi ini diperparah dengan minimnya upaya keselamatan pekerja di lokasi tambang Freeport Indonesia.

“Keselamatan pekerja tidak diperhatikan. Sudah 22 orang yang tewas (runtuhnya terowongan pelatihan pekerja) beberapa waktu lalu. Di 2003 (ada) sembilan orang yang tewas. Karenanya, kami akan melakukan perlawanan kepada Freeport,” ujarnya.

KSPI mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono segera meratifikasi Konvensi ILO 176 Tahun 1995 tetang Keselamatan Pekerja Tambang. Salah satu hal yang tertuang dalam konvensi itu ialah keharusan adanya jalur darurat. PT Freeport Indonesia tidak melakukan itu.
Editor: Wisnu AS

TERKAIT

About these ads

Published by

Indah Budiarti

Indah Budiarti, bekerja untuk Public Services International (www.world-psi.org) sebagai Organising and Communication Coordinator untuk kantor Asia dan Pasifik. Dia memegang pekerjaan ini sejak bulan April 2007 sampai sekarang. Dia juga bertanggung jawab untuk kegiatan dan aktifitas pekerja muda bagi anggota organisasi ini di wilayah Asia dan Pasifik. Sebelumnya dia adalah PSI Coordinator for Indonesia mulai bulan September 1999 sampai dengan Maret 2007. Dan beliau juga merangkap sebagai Project Coordinator untuk PSI/SASK/JHL Trade Union Development Project for Indonesia 2005-2007. Dia adalah alumni Program Master Kebijakan Buruh dan Globalisasi di Global Labour University Jerman (2009/2010). Isi tulisan dari blog ini adalah tanggungjawab dia dan bukan merupakan pernyataan atau nilai dari organisasi dimana dia bekerja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s